Sabtu, 02 Agustus 2008

0 Km Bandung Dimana ??

Dimana yah? dan kenapa jarang ada yang memperhatikan.. Mungkin ada sebagian yang memang memperhatikan tugu yang mungkin bisa dibilang merupakan sejarah kota bandung ini. Padahal aku sendiri sangat tertarik dan ingin mengetahui sejarahnya. Tolong Dong bantuin kalo ada yang tau sejarah 0 Km kasih tau ya.. Soalnya penasaran banget daei dulu. Eh tapi ada informasi tugu ini dulu yang pertama kali menancapkan ada lah dendles compeni itu looh.. tapi g tau juga yah dari pada salah ngomong mending tunggu info dari yang lebih tau aja. Aku sendiri sih sudah pernah liat tugunya, itu juga baru sekali sewaktu mau shalat di Masjid Raya Bandung, kebetulan lewat Asia Afrika, tetapi cuma sekilas saja aku melihat tugu rertancap dan terlihat tulisan B D G 0 Km. ini sangat menarik perhatianku untuk memahami dan mengerti tentang sejarah tugu ini.
Seperti yang tampak digambar atas yang sangat jelas terbaca disitu tertulis 0. Tapi maknanya sebetulnya bukan itu melainkan bagaimana kondisi Bandung saat ini setelah sekian tahun merdeka. dan Semenjak tugu itu tertancap hingga sekarang bagaimana perubahan kota bandung, mungkin bisa dibilang kota Bandung saat ini sudah jauh berbeda dengan bandoeng tempoe doeloe. Aku saja ingin sekali melihat kota bandoeng tempoe doeloe. Sepertinya lebih asri, adem, tenang, g ada polusi, banyak taman, bersih, sungai mengalir dengan jernih, dan yang jelas Bermartabat. Dan itu semua sulit kita temui dengan kondisi bandung yang saat ini. Sudah sangat jauh berbeda. Yang itulah perubahan.. Mungkin 10 tahun atau 50 tahun kedepan aku juga susah memperkirakan bandung akan jadi seperti apa kalau saat ini saja seperti ini. Tapi aku masih bersyukur karena berkat perjuangan para pahlawan doeloe aku masih bisa menikmati keindahan kota bandung modern.
Jangan lupakan sejarah itulah yang harus selalu dipegang teguh. Hidup Bandung !! semoga Sesemangat Lagu Hallo Hallo Bandung yang merupakan Kota Periangan. Yah mungkin itu dulu sekilas tentang 0 Km Bandung. Semoga ada Hikmahnya buat saya dan pembaca sekalian.. Terimakasih.


0 comments: